Sunday, June 29, 2008

Belajar nge-LAN

Wah, bahasanya wagu buangetz je… yo wez ra popo yo… jaringan komputer itu sebenarnya dibuat untuk orang-orang yang ‘malez’ n ‘bokek aliaz ga da uang’, masak mau nge-print ato mau copy paste data dalam satu ruangan aja, mau-maunya repot-repot buat biar antar komputer bisa konek satu sama lainnya.

Bayangkan aja gimana ga repot kita kudu kenal yang namanya kabel, NIC, switch, bridge, router. Itu baru komponen hardware nya aja, belum lagi kalo ngomongin masalah
routing, server dkk nya. Mumet… Mumet… Mumet…!!!

Untung ada ‘petunjuk’ biar mumet nya berkurank , pertama-tama aku tau kalo tujuan dibuatnya beberapa komputer bisa saling berkomunikasi yaitu contoh kecilnya dalam lingkungan kantor kecil berukuran 7x8 meter ada 5 meja kantor yang masing-masing meja tersebut terdapat komputer, bayangkan kalo dalam kantor tersebut setiap komputer terdapat printer, wah itu mah pemborosan dan juga kalo cuma ada satu printer disatu komputer maka para karyawan yang mau ngeprint kudu ke komputer yang ada printernya dan karyawan yang berada di meja komputer yand ada printernya itu pasti akan terganggu.. betul ga..??? truz gimana ga repot kalo kantor tersebut sering berbagi data n antar karyawan kudu salink nyamperin. Wah, biza-biza kaya setrikaan yang slalu bolak-balik meja n kaya pasar jadinya donk…!!! Manfaat lainnya, yaitu missal dalam lingkungan koz-koz-an, dimana anak2 koz nya itu pengen nge-game, nah dengan terhubungnya komputer mereka, maka nge-game pun terasa lebih seru.. Huuh, sok gamer nech orank… wkekek… ;))

Alat apa ja sech yang perlu disiapin gar komputer-komputer bisa saling terhubung??? Secara sederhana sech, untuk ngonekin komputer dalam satu jaringan kita butuh beberapa perangkat keras minimal ada 3, yaitu kabel utp (kabel yang umum dipake buat ngeLAN), NIC (biasanya udah satu bundle ma makboard nya - motherboadr:mother=ibu=mak), Switch, udah dech,, Cuma ntu aja yang dibutuhin koq..

No comments:

Post a Comment

/*myblogblog*/ /*Google Analytic*/