Sunday, June 29, 2008

Simulasi Mikrotik RouterOS dengan VMWare Workstation (I)

SIMULASI MIKROTIK RouterOS SEBAGAI GATEWAY INTERNET PADA JARINGAN LOCAL MENGGUNAKAN VMware WORKSTATION

A. VMware Workstation

VMware Workstation adalah software desktop untuk para pengembang dan para professional di bidang IT yang memperbolehkan menjalankan berbagai macam desktop x86-based dan system operasi server secara simultan pada satu PC.

Secara garis besar vmware workstation adalah suatu software untuk membuat mesin computer virtual di
dalam computer fisik. Vmware dapat di instalasi pada beberapa system operasi desktop seperti Windows, Linux, BSD variants, dan lain-lain.

Selain dapat di bridging ke NIC host, CD-ROM devices, HardDisk drives, dan USB devices, vmware workstation juga memiliki kemampuan untuk mensimulasi berbagai macam hardware. Sebagai contoh, sebuah file ISO (.iso) dapat dimount pada suatu device CD-ROM, file berekstensi .vmdk dapat bertindak sebagai hardisk dan network interface adapter dapat dikonfigurasi untuk digunakan sebagai Network Address Translation (NAT) melalui host-machine yang lebih baik daripada melalui bridging (yang membutuhkan suatu IP Address untuk masing-masing guest-machine pada host network)





1. Instalasi vmware workstation
a) Siapkan software VMware Workstation kemudian jalankan file setup dan click next




b) Form berikutnya ialah untuk menentukan direktori instalasi, di sini kita dapat menentukan dimana instalasi VMware Workstation ditempatkan. Secara default direktori instalasi VMware Workstation ada di C:\Program Files\VMware\VMware Workstation





c) Disini kita diminta untuk menentukan pembuatan dan penempatan shortcut, ada 3 tempat, yaitu desktop, Star Menu Programs Folder, Quick Launch toolbar





d) Selanjutnya, ada perintah yang menanyakan apakah kita ingin menonaktifkan fungsi auto-run pada CD-ROM. Perintah ini memperingkatkan bahwa fungsi autorun pada CD-ROM dapat berinteraksi secara tiba-tiba atau akan menyebabkan crash dengan mesin virtual.





e) Kemudian klik next untuk memulai instalasi





f) Kemudian instalasi pun di proses





g) Setelah proses instalasi selesai maka akan terdapat form registrasi produk VMware Workstation, isi kolom nama, company, dan serial number yang telah diberikan, namun bila belum memiliki data-data tersebut maka untuk sementar kita dapat melewatkan proses tersebut dengan menekan tombol skip.




VMware ready to use....

No comments:

Post a Comment

/*myblogblog*/ /*Google Analytic*/