Saturday, June 28, 2008

Sejarah Jaringan Komputer

Sebelum mengenal lebih jauh tentang jaringan komputer, baeknya sech qita nyoba ngenal sejarahnya dulu kale ya... otree langsung aja yach..

Skitar taon 69-an pihak pertahanan amrik melalui DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) ngadain riset biar komputer2 bisa pada konek ato isitilah muantepnya "Jaringan Organik", dimana nech proyek dikenal dengan nama ARPANet (Advanced Research Projects Agency Network). Jadi, sebenarnya banyak teknologi itu
bermunculan berawal dari proyek departemen keamanan (mungkin ja kale ya...)

Nah, gara2 banyaknya komputer yang terhubung n tiap jaringan yang berbeda kudu bisa berinteraksi maka harus ada standar yang sama. Protokol yang terkenal yaitu TCP-IP yang diterapkan pada internet. Makanya para networker kudu ngerti tentang Protokol TCP-IP.

Paz taon 90, ada suatu program yang sangat buming, yaito WWW (World Wide Web) suatu program browser dan editor yang digunakan untuk menjelajah (surfing) antara satu node ke node lainnya. Ya, yang seperti biasa kita lakukan browsing-browsing geto, misal kita mau konek ke situs nya www.yahoo.com. Penemunya ialah Sir Timothy Berners-Lee yang dianugerahi dengan pangkat OM setelah nama nya oleh Ratu Inggris Elizabeth II melalui penghargaan The Order of Merit.

Semakin murahnya komponen baik itu hardware ato software dalam membangun jaringan komputer, maka ada istilah yang dikenal sebagai LAN (Local Area Network). LAN inilah yang menjadi pijakan untuk menjadi networker profesional. Logikanya gini aja, ga bakalan kita bisa tau tentang MAN, atopun WAN dengan baik kalo ga kenal ma yang namanya LAN.

Skarang kita dah mengenal sejarah dari jaringan komputer, walau hanya dikit tapi lumayan lah buat nambah wawasan, ya ga....??? hehehe....

Kalo mau lebih mengenal tentang sejarah jaringan komputer, nech tak kasi link nya :

http://www.geocities.com/erts_1010/sitebuilder/preview/net.html

http://buletin.melsa.net.id/mar/1006/lan2.html

http://fadel05.tripod.com/network/jaringan.html


FreeWebSubmit

BravenetSubmit

No comments:

Post a Comment

/*myblogblog*/ /*Google Analytic*/